Toad

Toad itu ya, kalo dia lagi stay di satu tempat, terus ada stimulus dikit aja, pasti langsung lompat. Nggak pake celingak celinguk mencari tau terlebih dahulu. Langsung aja refleks lompat. Itu toad.
Manusia, kalau dapet info dikit aja terus bereaksi tanpa cari tau apa yang terjadi sebenernya, langsung aja refleks main share, itu apa namanya.
Tung tung tara tuuuuung.
Ada yang namanya teori kekekalan energi. Ada juga teori tentang after effect. Menurut kesotoyan gue hal ini juga berlaku untuk setiap informasi yang dipublish oleh manusia. Artinya setiap force yang udah kita lakukan di dunia ini ya akan tetap eksis meskipun udah nggak bisa kita ketahui wujudnya.
After effect dari setiap info, baik itu info baik atau buruk, benar atau hoax huex, akan selalu ada. Dan dari after effect itu, kalau efeknya jelek, artinya orang itu menyumbangkan andilnya. Ngeri bo’.
Bayangin kalau ada yang seenak udelnya main catut nama ustadz tertentu, kemudian konten nya nggak sesuai alqur’an dan sunnah, terus dishare, dipercaya dan diikuti orang banyak, dishare terus bahkan bisa sampe bertahun-tahun setelahnya, gimana coba.
Hari gini gampang banget kan bikin broadcast, tulisan openingnya “copas dari grup sebelah”. Entah sebelah mana. Atau di kontennya “dari fb ustadz …..” gitu. Atau “dari status fb pengurus pesantren ….”. Tanpa halangan, semua info masuk ke kehidupan kita. Bahkan gue yang nggak punya tivi di rumah aja bisa tau tentang uttaran, gue tau kalau ternyata ichcha sudah meninggal, terus anaknya yang namanya meethi (gitu g sih tulisannya?) Kena tembak gegara melindungi akash. Gawat kan. Gawat.
Sekarang mah googling dikit, browsing dikit, udah rasanya bener aja info yang masuk.
Ada temen gue yang sebenernya potterhead. Informasi tentang harry potter sering di share ke gue, sampai akhirnya dia ngasih tau gue kalo sebenernya harry potter itu anaknya voldemort.
So, kembali gue pengen ngingetin diri gue bahwa makanan itu sebelum ditelan ya baiknya dikunyah terlebih dahulu. Mana tau ada batu kerikil atau biji stapler nggak sengaja masuk di makanan. Udah gitu kalau mau share ini itu jangan langsung aja. Mbok ya di rem jempolnya itu lho.
Akan datang hari mulut di kunci, kata tak ada lagi. Akan tiba masa tak ada suara dari mulut kita.
Jari-jarimu juga harimau-mu lah…
Growl…
Tung tung tara tuuuuung

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s