Midnight story about daylight

For the first time in forever, gue lihat antrian di toko kue udah persis antrian minyak tanah. Rame bingits.
Ceritanya, di suatu siang menjelang sore, gue udah pulang ngantor, gue menyambangi salah satu toko kue khas yang terkenal di daerah ini. Meskipun udah sore, cuaca masih terik tiada tara. Kepala gue udah mulai anget-anget nyut-nyutan. Gue kaget sewaktu ngelihat orang pada ngantri. Gue tanya ke sekuriti “mas, kalo mau beli **** gimana?”. Di sini gue mikir, kenape pule di daerah ini gue nyapa orang pake “mas” padahal udah jelas-jelas name tag sang sekuriti ada marganya “Simbolon”. Hehe. Sang sekuriti menjawab “antri, mbak. Orang-orang ini sudah antri ber-jam-jam”. Mungkin biar matching dengan sapaan “mas”, sang sekuriti membalas sapaan gue dengan “mbak”. Hehe.
Gue memandangi antrian yang ditunjuk oleh sang sekuriti dengan mata nanar.
Beneran panjang banget. Sampe keluar dari tokonya. Yang ngantri udah pasang tampang beringas dan siap menerkam kalo ada manusia nekad yang nyerobot antrian.
Gue mikir. Kalo menilik karakter dasar gue, paling males yang namanya di keramaian. Antri sih biasa aja. Tapi kalo serame itu, udah kayak ada konser super junior gitu, gue mikir 6 kali; ikutan antri, atau mundur teratur.
Di pikiran gue yang keenam, gue putuskan untuk ikutan antri. Sebagai tips, gue kan pake ransel tuh. Saat ngantri, ranselnya gue tarok di depan, bukan di punggung. Hal ini untuk mengantisipasi kalo-kalo ada yang kepo apa isi ransel gue.
Selangkah demi selangkah, pelan-pelan ala penganten di arak barengan sama rombongan sapi pergi merumput, gue maju terus menuju tempat pembelian kue yang gue incar. Sesampainya di tempat itu, eeeeeeh ternyata belinya juga dijatah. Persis jualan minyak tanah kan. Ditakar gitu. Ya udah deh. Nggak bisa banyak-banyak. Lagian kasian juga kalo nggak dijatah. Gimana sedihnya kalo udah lama-lama antri, ternyata kuenya habis gegara diborong sama orang kaya. Lebih sedih lagi kalo yang mengalaminya adalah gue sendiri. Dan yang lebih sedih dari yang lebih sedih, kalo orang kaya yang memborong itu semua adalah orang yang berdiri tepat di antrian di depan gue. Kalo beneran kejadian, mungkin gue nggak bakalan berani nangis gerung-gerung. Tapi gue nggak yakin bisa menahan jari-jari gue untuk nggak ngegaruk dinding toko itu. Oke, cukup dengan imajinasi kisah sedih di toko kue.
Setelah menjinjing pack kecil kue, gue mencari kendaraan pulang. Angkot pada penuh, taksi pada nggak melihat gue melambai-lambai kayak nyiru di pantai, dan tentunya gue nggak bakalan nekad numpang di truk pertamina.
Saat gue udah mulai sakit kepala tak tertahankan, lewatlah becak motor. Gue tangkep deh. Dan gue minta antar ke area terminal agar gue bisa naik angkot yang menuju ke tempat tinggal gue.
Sepertinya keputusan naik becak emang sebuah bentuk pertolongan dari Allah. Kalo semisal gue naik angkot yang body-nya nggak langsing itu, gue bakalan kejebak macet lebih ribet daripada becak. Becak kan masih bisa ikhtiar nyempil-nyempil meski berapa kali diklakson gegara nikung kendaraan lain. Haha. Nah, kalo gue naik taksi yang juga sama nggak bisa nyempilnya, gue kudu bayar argo berapaaaaaaa. Kalo di restoran, nggak bisa bayar setelah makan, masih mungkin disuruh nyuci piring atau jadi pramusaji sementara. Lah kalo naik taksi nggak bisa bayar, apa iya gue kudu jadi kernet di taksi. Si abang becak memacu becak motornya seperti tidak sedang membawa penumpang. Ada lobang kira-kira sedalam 10 cm di tengah jalan, dia nggak menghindar. Brak!!! Krak!! Tulang punggung gue protes. Gue lihatin muka tuh abang becak, gue kirim telepati “bang, ini orang bang. Bukan kangkung”. Tapi kayaknya telepati gue nggak nyampe. Mungkin ketiup angin saking ngebutnya si abang becak. Endingnya, alhamdulillah gue berhasil naik angkot. Di angkot, gue mulai mual dan pengen muntah. Sebenernya udah kerasa sejak naik becak. Cuma gue tengsin aja, masak naik becak aje gue mabuk darat. Wkwk. Dan di angkot gue tidur dengan mode alert.
Alhamdulillah berhasil sampe kosan. Ini cuma sekerat cerita dodol dalam rangka ngalong.
Insya Allah mau pulang kampung.
Sekalian di sini mau ngucapin Selamat Idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin ya, atas kesalahan ucapan, perilaku, typo, atau apapun itu, di dunia nyata, dunia maya, dunia mimpi, dunia fantasi, dunia-akhirat.
Semoga ramadhan bisa dibawa selalu di bulan-bulan berikutnya, sampai ketemu dengan ramadhan berikutnya. Aaaammmmiiin.

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s