Math of Reality

Kemaren emak dan bokap gue sukses bikin gue menilik lagi apa bener nilai matematika di raport gue selama sekolah yang notabene kagak pernah jelek itu bener-bener nilai gue.
Bokap gue bilang gini sama emak “ya udah, besok beli 1 meter aja. Kalo dibagi 3 bisa dapet 3 meter”.
Eh. Seakan-akan ada yang bilang “freeze”, gue diem aja bengong sambil mikir. Blank.
Ceritanya bokap mau beli fiber untuk nutupin pagar rumah yang kalo dari jauh nggak pake fiber atau penutup lainnya udah mirip penjara atau etalase bebas gitu. Gue yang suka main-main di teras kan jadi kelihatan sama orang sekomplek. So, bokap berniat nutupin deh. Nah, panjang pagar rumah itu adalah 3 meter. Bokap udah beli 3 meter. Bisa menutupi sepanjang pagar, tapi nggak cukup lebar untuk menutupi semuanya alias gantung. Bayangin aja orang yang tinggi menjulang pake jaket ukuran L. Gantung gimana gitu. Jadi bokap mau beli lagi.
Emak gue ribut “gimana bisa. Yang namanya 1 meter dibagi 3 itu mana mungkin 3 meter”. Gue angguk-angguk cepet. Iya. Iya. Mana mungkin. Yang namanya dibagi kan jadinya lebih kecil kecuali matematika sedekah. 1 meter dibagi 3 jadi 3 meter??? Setelah gue menyamakan frekuensi sama pikiran bokap, barulah kumengerti. Haadeeh.. ternyata, maksud bokap adalah beli sepanjang 1 meter (ukuran fibernya 1 meter x 0,6 meter) , terus dibagi 3 ke bawah, bukan dibagi 3 ke samping. Sehingga ketiga bagian yang terbentuk adalah 1 meter x 0,2 meter dan disusun ke samping, menutupi pagar 3 meter itu. Ah gitu deh. Susah juga gue ngejelasinnya. Jangankan dijelasin di sini, gue sama bokap jelasin ke emak udah pake gambar aje masih aja emak gue protes.

Just a lovely moment to share.

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s