I’m dying by smell

Waktu masih kecil gue bisa makan duren. Gimana kagak. Kampung halaman gue termasuk salah satu daerah penghasil duren di Indonesia. Hehe. Tiap musim duren, pas nenek kakek masih sehat bugar, selalu dikirimin segambreng duren ke palembang. Atau pas mudik, bisa icip-icip duren. Bahkan emak gue pas lagi hamil pernah bertandang secara langsung ke hutan yang ada pohon duren-nya. Ntu “kebun” duren berada di ketinggian. Kalo mau jalan kaki bisa rempong. Tapi karena emang nggak bisa dilalui kendaraan bermotor, baik roda 2 ataupun roda 4, apalagi roda 6, ya mau nggak mau kudu jalan kaki. Kalo memilih pake sepeda, hehe, malah entar rempong karena sepedanya karena sering kali kudu digotong. Medan menuju ke kebun duren itu bersemak-semak, bahkan beberapa kali melewati sungai kecil. Eh, ini sih cerita dari keluarga besar gue, kakek, nenek, paman, bibi, ayah, ibu, sepupu. Gue nggak pernah lihat karena waktu gue diajak, gue belum lahir. Kan masih dalam kandungan.

Duren termasuk salah satu buah favorit di rumah. Dulu pas masih rame-rame komplit di rumah, pas dapet duren, selalu seru yang namanya rebutan. Bahkan nggak jarang memicu “perang saudara”. Tapi giliran lagi banyak stok, nggak perlu rebutan, eh malah nggak seru. Kan yang seru itu pas sesi rebutannya. Hoho. Gue juga suka duren tapi nggak sampe kayak saudara-saudara gue yang lain yang udah kayak si opet di upin ipin, hantu durian.

Selama gue merantau di padang, gue cuma makan duren melalui es durian. Itu juga nggak terlalu suka. Berangsur gue jadi nggak tahan sama duren. Tapi gue masih bisa makannya. Gue cuma nggak tahan sama baunya. Kalo di padang, pas gue naik angkot, di sepanjang jalan ada yang jual duren banyak banget. Gue langsung puyeng. Tadinya gue pikir karena gue udah lama nggak makan duren makanya jadi nggak bisa men-tolerir bau duren yang menyengat itu. Eh tapi pas gue udah pulang ke rumah, n beberapa kali ortu pulang bawa duren se-abreg, gue nggak terlalu antusias. Paling banyak gue makan 3 biji. Setelah itu, wuih, puyeng dah. Baunya itu agak-agak menyengat gimana gitu. Nggak busuk, harum sih, khas duren, tapi memusingkan kepala gue. Sampe tadi malem ayah gue pulang dari kampung bawa lebih dari 20 buah duren yang otomatis baunya memenuhi rumah, bahkan adek gue yang aneh itu makan duren pake dibawa ke kamar. Huek. Baunya jadi terperangkap di kamar menyebabkan gue jadi menderita. Ortu gue juga kaget ternyata anaknya telah kehilangan kemampuan toleransi terhadap bau duren yang merupakan tradiri keluarga besar. Hehe. Aroma duren dikiiiiit aja bisa terdeteksi sama hidung gue n hasilnya gue puyeng. Walhasil selama prosesi pembantaian duren di ruang tengah, gue bau-bauin minyak kayu putih. Ciyus. Puyeng.

Selain duren, gue juga nggak suka bau pengharum ruangan yang merk-nya G**de. Nggak boleh sebut merk ya? hehe. Mungkin nggak cuma g**de, tapi ada beberapa merk lain yang baunya itu juga bikin gue puyeng. Huek. Gue kaget banget pas masuk kamar adek gue, ada bau yang gue nggak suka n bikin pusing plus jadi emosi jiwa. Ternyata dia baru beli g**de terus digantung di kipas angin, dan kipas angin itu menyala menghadap ke bagian dalam ruangan sehingga baunya memenuhi ruangan. Huaaaa. Puyenghai. Tapi gue ngalah aja ya itu kamar dia ngapain gue rempong. Tapi kalo masuk kamar dia gue kudu tahan nafas terus buru-buru keluar setelah berurusan.

Pernah juga gue naik angkot yang dipasangin pengharum ruangan bermerk selain g**de, warnanya ijo, kayaknya bau apel. Tapi guess what? dalam angkot sekecil itu dipasangin pengharum ruangan lebih dari 10 pouch. Ampun dah. Kayaknya ntu agen angkot baru nemu harta karun berisi pengharum ruangan. Jadi dipasangin di angkot banyak-banyak gitu. Huek. Memualkan.

Ada juga gue pas mudik ke baturaja, naik travel. Gue duduk di bagian tengah mobil. Di sana ada mulut AC dan di dekat mulut AC ada pengharum ruangan yang pake semprotan timer. Tiap 10 menit dia nyemprot “pssst!”. Huek. Bau harumnya memusingkan. Gue nggak bisa ngebayangin gimana gue puyengnya kalo gue duduk di bangku yang ada di depan gue karena ntu bangku berhadapan langsung dengan si semprotan. Huhu.

Pernah juga pas gue di bus. Gue udah duduk manis. Terus tiba-tiba ada bau yang hmmm… harum memusingkan juga. Gue sempat noleh-noleh n cungak-cungak kalo-kalo ada orang aneh yang hari gini pake parfum di perjalanan tanpa indikasi apapun. Eh ternyata setelah gue cari sumbernya bau itu berasal dari semprotan timer juga yang ada di dekat pak supir. Padahal jaraknya jauh dari tempat duduk gue. Tapi ntu bau sampe aja ke gue.

Yang ter-anyar, tadi pagi gue lagi berkegiatan, papasan sama adek gue yang lagi berkegiatan juga. And ada bau harum gitu. Menyengat. Gue tanya “parfum ya?”. Kata adek gue “iya, dikit…”. Gue langsung kaget “yang kayak gitu dibilang dikit? yang kayak gitu dibilang fresh? Huaaa…”. Lagi-lagi gue puyenghai.

2 thoughts on “I’m dying by smell

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s