Why Sandy?

Itu adalah pertanyaan pribadi gue waktu denger berita tentang badai sandy yang menyerang wilayah amerika dan sekitarnya.
Ada sebuah jawaban lucu, i know it’s joke, katanya namanya sandy karena yang pertama melihat itu badai namanya sandy.
Malah awalnya juga gue ngira karena badainya datang dari pantai yang tentunya “sandy”. Atau nama sandy diilhami oleh tupai yang nekad hidup di bawah laut dengan baju astronot, temennya spongebob.

Searching di situs geologi, gue menemukan ada perbedaan istilah antara hurricane dan tropical storm.
Kalo yang namanya hurricane itu kalo kecepatan anginnya mencapai 74 mil per jam. Kalo tropical storm kecepatan anginnya 39 mil per jam.

Ternyata eh ternyata, nama badai emang udah dibikin, bahkan udah sampe tahun 2017. Ya tentunya cukup efisien udah bikin nama badai untuk beberapa waktu karena bakalan riweuh kalo ntar pas badai datang baru mau dinamain. Apalagi selera orang beda-beda. Menghindari rempong di saat runyam.

Penamaannya begini:

– Nama badai dibuat sesuai alfabet, tapi cuma 21 dari 26 alfabet, dikecualikan untuk huruh Q, U, X, Y, Z. (sebenernya ini juga mengundang tanya? kenapa yang 5 ini kagak diajak jadi nama?)

– Badai dinamai sesuai urutan terjadinya di setiap tahun. Nah, kalo yang sekarang, sandy, badai yang ke-18 di tahun 2012. So sesuai tabel nama yang udah dibikin, namanya sandy, huruh S.

– Nama cowok apa cewek? sering kali jadi perbincangan. Nama badai yang melekat di ingatan gue selain sandy adalah katrina dan irene. Kirain emang harus nama cewek, tapi ternyata sekarang kagak juga. Kalo dulu sih iya, list nama perempuan. Tapi kalo sekarang udah ada nama laki-laki. Begini caranya. Untuk tahun genap, nama laki-laki dipakai untuk badai urutan ganjil. Untuk tahun ganjil, giliran nama perempuan yang dipakai di badai urutan ganjil. Kalo sekarang kan tahun 2012, berarti tahun genap, dan yang sekarang terjadi badai ke-18, maka namanya nama perempuan. Kalo nanti ada badai lagi, yang ke-19, namanya tony.

– Untuk tropical storm yang meningkat jadi hurricane, namanya tidak akan diulang atau dipakai lagi dalam penamaan badai berikut-berikutnya. Dimaksudkan untuk tidak membuka luka lama bagi para korban.

Nama-nama hurricane yang nggak boleh dipake lagi:

3 thoughts on “Why Sandy?

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s