Nostalgia SD

Ini bukan PR, pekerjaan rumah, tapi PW, pekerjaan warnet. hehe..

Tidak ada salahnya untuk dikerjakan, semoga ada manfaatnya.

Guru Favorit

Hmm….guru favorit waktu SD? semuanya favorit karena berbeda-beda kesan para guru di hati, tentunya nggak ada yang tidak disukai. secara, saya dulu termasuk siswa yang dekat dengan guru karena saat kelas 4 SD sukses merebut tahta ketua kelas yang dipegang oleh teman yang badannya gede, cowok lagi..hehe..bakat feminis sudah terpupuk (nggak sengaja) dari SD.

namun ada 1 nama, bu sulastri (almh). beliau wali kelas 4, sayangnya beliau tidak bisa mengantar kami naik kelas 5, karena beliau sakit dan tidak lama ajal menjemput. beliau sangat baik, sabar, jarang marah, mau ngajak ke rumahnya klo kami mau. sampai suatu hari, saat guru sedang tidak di kelas, teman2 yang cowok main bola di kelas,saya sebagai ketua kelas, seperti biasa cukup ingatkan sampai 3 kali, klo masih bandel juga ya dicatet aja namanya, ntar dilaporkan ke bu guru. tapi belum sempat peringatan ketiga saya teriakkan (dulu pke teriak2), si bola menyenggol baskom cucian tangan dan tumpahlah air yang tadi ada di dalamnya. dan tiba2 (kejadiannya begitu cepat), masuklah bu sulastri, dan langsung terkejut melihat genangan air dan bola di sana dengan kondisi anak2 cowok masih dalam posisi siaga main bola. beliau langsung duduk di kursinya, dan sedikit marah dengan menahan emosi. saya tidak ingat apa yang beliau katakan, tapi dalam hati saya masih ingat saat itu sungguh menyesal, dan saya kesal dengan teman2 yang aneh dan kelainan yang nggak bisa mikir klo di kelas itu bukan tempatnya main bola, sampe2 bu sulas (panggilan beliau) marah.

keesokan harinya, bu sulas nggak masuk kelas. digantikan oleh bu rini dan bus susi secara bergantian. ternyata bu sulas sakit. lalu kami datang menjenguk beliau. di ruang tamu, beliau malah repot menyuguhkan kami teh dan segepok buku komik dragon ball milik anaknya. jadilah kami bercanda ria,cerah wajah beliau terpancar saat itu.

lalu tibalah waktu ujian cawu 1 atau semester 1, saya lupa (rasanya udah ganti jadi semester), beliau masih tidak masuk sekolah.selama itu…brbulan-bulan tidak masuk sekolah..saya belum tahu beliau sakit apa. dan sampai pada pembagian raport, suprise, beliau datang, beliau yang mengumumkan ranking kelas dan menyerahkan langsung raport dari tangan beliau. Hmmm… mungkin beliau ingin mengapresiasi langsung anak2nya ini.

dan setelah libur sekolah, beliau tidak datang2 lagi..dan tidak lama setelah itu, terdengar kabar beliau sudah kembali keharibaan Rabbul’izzati. Semoga ilmu yang bermanfaat yang diberikan beliau kepada kami menjadi salah satu kunci ridho Allah bagi beliau. amin

Guru Killer
Alhamdulillah nggak ada guru pembunuh (killer) di SD saya. hehe..tapi klo sekedar suka main hukum fisik, ada…pak zul namanya. guru olahraga. yang punya cincin bermata batu di telunjuknya. nah..klo baris g lurus, ntar dijitak pke ntu cincin..teganya… terus ada juga bu susi, yang suka nyubit.hehe..klo bandel atau nggak disiplin nggak bakal terhindar dari cubitan rawit bu susi..tapi beliau semua bukan nggak berhati, cuma gemes aja kali lihat kami yang imut2 kayak boneka..jadi suka dicubit2..

 

Teman Bolos
tak ada teman bolos… kita dulu anak rajin yang rajin datang ke sekolah.. nggak masuk klo sakit atau izin yang pke surat dari ortu lah…

tapi ada 1 kejadian  yang membuat saya pernah bolos, nggak sengaja. waktu itu masih kelas 1 SD. datang pagi2 (banget) ke sekolah. masih sepi, terus ketemu dengan 2 orang kakak kelas, ntah siapa dan kelas berapa. mereka bilang hari ini libur. terus saya berjalan pulang lagi, dan sampai di rumah dengan jujur dan polos bilang klo hari ini libur. terus siangnya, wali kelas 1 yang notabene tetangga sebelah, bertanya kenapa dian nggak masuk. baru deh sadar klo ditepu menta-mentah oleh 2 orang kakak kelas yang tidak bertanggung jawab..Grrrr…siapakah mereka..sayangnya saya pindah sekolah pas kelas2. jadi nggak sempet balas dendam..hohoho…tapi intinya, saya bolos nggak pke teman.

Teman Berantem
Teman berantem, berarti klo berantem pke teman. ya iyalah, masa’ sendirian. klo ini berantem cuma berantem doang kan, nggak pke adegan kekerasan dalam ruang kelas. pernah sama si ketua kelas yang sukses saya lengserkan itu. pas kelas 3 SD. dia kesel kali gara2 dian nggak mau nurut, soalnya dia juga tukang ribut di kelas. tapi entahlah apa penyebab berantem dulu. lupa..tapi ya berantem, kayak sherina sama sadam? (nggak pke nyanyi). tapi sekarang udah berdamai, malah pas reuni dia yang inget klo kita pernah berantem.

klo yang lain, nggak ada rasanya..berantem klo perlu aja.

 

Jajanan Makanan/Minuman Favorit
pempek kuah model. di depan SD.. duh, sudah lupa berapa harganya. tapi enak…cuma inget klo itu rasa MSG.hehehe..klo yang lain, namanya gulo palu. gula2 yang diaduk2 pke tangan, kadang2 minta adukin sama nenek yang jualan, terus klo udah berubah warna jadi lebih muda, artinya udah mau mateng, ditutup pke kertas, tunggu sampe mengeras, bisa dimakan deh..gawat makanan anak SD, karena dulu mana inget cuci tangan.

klo minuman, apa ya…es hoya mungkin. sirup/limun yang warna warni..terus terakhir minum itu sakit, jadi insaf nggak beli es hoya lagi.

Mainan Favorit


mainan pas SD? nggak ada yang spesifik. cuma main bola. itupun gara2 keranjingan detektif conan. terus main karakter superhero di tv, jadi power rangers, mulai dari turbo sampe light speed rescue. digimon dari 7 anak terpilih sampe jadi 8. ini mah main sama geng. gengster euy.. terus setelah ada petualangan sherina, jadi hobi hiking ke bukit di belakang penjara. ^^ selain itu zaman SD dulu suka main di timezone. ngumpulin tiket buat dapat boneka kanguru..

 

Sepatu Favorit

ya nggak ada yang favorit. orang cuma punya sepasang, dipake sampe rusak atau kekecilan. saya nggak sering beli sepatu, karena nggak main sampe rusak, dan pertumbuhan kaki nggak sering kayak anak2 lain. jadi klo nggak salah cuma beli 2 kali selama 6 tahun. yang terakhir precise.
Tas Favorit
tas favorit juga nggak ada. karena dipake sampe rusak juga. tapi cenderung ke model ransel, tidak suka yang bergambar-gambar kartun atau berwarna-warni. dan nggak milih sendiri juga. tau-tau udah dibeliin aja. tapi dari dulu memang terpilih model ransel besar yang sering terlihat kegedean untuk saya yang waktu tamat SD tetap dengan  berat badan 25 kg nggak nambah.

 
alhamdulillah..kelar juga..

cukup sulit memanggil memori masa SD. insya Allah sampe sekarang masih keep in touch dengan teman2 dan para guru. reuni tiap tahun (buka bareng) masih sering diundang tapi saya aja yang nggak datang, karena nggak suka keluar malam, apalagi pas ramadhan (bukannya tarawih di masjid malah kelayapan dengan dalih buka bareng.) cuma sekali ikut, itupun waktu udah merantau ke padang, dan perginya dijemput, dengan perjanjian, jam 7 udah diantar pulang. hehe.. selebihnya sampai ramadhan tadi, nggak datang terus karena nggak cepet pulang kampung.

tapi, bagaimanapun juga, di SD, pembentukan karakter cukup terasa karena di sana terjalin persahabatan yang tulus dan tanpa motif apapun selain “kita bersama-sama”. tidak ada konspirasi atau dendam2an kayak di film-film.

indah, lucu, banyak cerita. karena sekerat kisah di masa lalu, dibuang sayang.

2 thoughts on “Nostalgia SD

  1. kak dian.. syukron sdh bersedia buat PR.. btw, ini ditulis dlm waktu berapa menit kak? *berhubung pengerjaannya di warnet 😀

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s