Nomor Dua

Ada kalanya kita memang harus menerima kenyataan bahwasannya kita masih nomor dua, belum jadi nomor satu. Lalu, saya berpikir, apa tujuannya dan gunanya menjadi nomor satu jika karya yang saya buat tidak ada apa-apanya. saya berpikir, untuk apa mendapat sebutan nomor satu, jika ternyata kontribusi saya, usaha saya, tidak pantas disebut nomor satu. Menyandang gelar juara tentunya akan membentuk ekspetasi masyarakat yang tinggi terhadap kita, dan akan sangat mengecewakan kalau ternyata kualitas diri tidak memadai dan tidak sesuai dengan harapan mereka.
Bagaimana kalau begini. Tak apalah disebut nomor dua, sembari senantiasa bekerja baik, profesional, lebih baik, diiringi ketulusan dan semangat belajar terus menerus. Sambil merasa bahwa ilmu yang dimiliki selalu belum cukup. Tidak cepat puas. Dan tentunya, bekerja dan berkarya bukan dengan harapan akan bertengger di nomor satu menggeser sang juara bertahan. Tentu tidak. Life’s too precious to think about nothing. Kecil sekali cita-cita menjadi nomor satu hanya karena “sebutan”.

Jangan sampai terjadi yang memilukan, bahwa kita kalah karena kita sendiri yang menganggap diri kita kalah selalu dan tidak akan pernah menang. Mungkin secara penghargaan, mereka lebih unggul dari kita. Tapi apakah doktrin bahwa kita profesi marginal akan kita biar mengurung semangat belajar kita???
Habis waktu menggerutu tentang itu.
It’s okay to be the second, the third, or less. Yang lebih penting adalah berusaha sebaik mungkin menjalankan amanah profesi, with passion.
tentang sebutan, tidak penting.
Just do it, try to do the best, not feel as the best.
Long Life Learning.
Luruskan niat…Luruskan niat…Luruskan niat…
Semangat!

One thought on “Nomor Dua

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s