Perbedaan Tanggal Idul Fitri

Tadi malam sebagian besar umat muslim “deg-deg”-an menantikan keputusan sidang kementerian agama. Lebaran hari selasa atau rabu?
di berbagai pemberitaan pun cukup banyak muncul kalimat2 provokatif, apalagi saat terlihat ada perbedaan tanggal idul fitri dengan hasil hisab PP Muhammadiyah. Di dunia maya, tidak sedikit yang emosi jiwa, menganggap pemerintah tanpa dasar memutuskan lebaran tanggal 31. Ada yang mendukung dengan beberapa dasar bahwa Muhammadiyah benar, misalnya dengan melihat bahwa waktu di Mekah lebih cepat 4 jam dari Indonesia, klo orang di Mekah udah lebaran tgl 30, kenapa Indonesia tgl 31?
tapi whatever lah… sebagai orang yang sudah berpuasa 1 bulan, akan terasa sia-sia klo di akhirnya kita malah jadi gampang di-adu-domba. Yang bagusnya, antara Muhammadiyah dan pemerintah juga tidak gontok-gontokan, biasa aja kaleee. malah kita yang nggak sabar mau lebaran ini yang pada rungsing karena rencana liburan harus tertunda 1 hari lagi.
kata pak din: kita harus toleransi.yup! masa’ bisa toleransi sama agama lain tapi nggak bisa toleransi sama saudara sendiri. toh kita semua punya dasar. it’s okay…
kata ayah saya, yang penting ada penanggungjawabnya. taat pada Allah, Rasul, dan Ulil amri.

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s