Download: UU Perlindungan Konsumen

download: UU no 8 Thn 1999 tentang perlindungan konsumen

Konsumen adalah salah satu bagian dalam siklus konsumsi. tentu saja produksi dan pengadaan barang atau jasa pada akhirnya bermuara pada konsumen. konsumen menjadi pihak yang mengetahui kualitas produk dalam kondisi sesungguhnya.
adanya perkembangan industri dan ekonomi menyebabkan adanya variasi dalam produksi barang atau jasa. variasi di sini dimaksudkan sebagai improvisasi produk secara fisik, kualitas, maupun harga. terlebih lagi ditambah dengan adanya globalisasi dan perdagangan bebas. dampak positifnya adalah konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk yang diinginkannya. namun dengan adanya konsep profit ini juga membuat produsen yang tidak mampu bersaing dalam hal modal mungkin saja akan mengorbankan produk, dalam konteks kuantitas produksi, dan bukan tidak mungkin dalam konteks kualitas, yaitu menurunkan kualitas produknya. apabila kualitas produk yang diturunkan, tentu yang akan merasakan dampaknya secara langsung adalah konsumen. oleh karena itu, perlu dibuat regulasi untuk melindungi konsumen, “menyelamatkan” hak konsumen dengan tidak mengesampingkan hak produsen.

dalam undang-undang perlindungan konsumen, dimuat tentang hak dan kewajiban konsumen, hak dan kewajiban pelaku usaha, hal-hal yang dilarang untuk pelaku usaha, tanggung jawab pelaku usaha, pengaturan tentang lembaga perlindungan konsumen, baik nasional, maupun swadaya masyarakat, cara penyelesaian sengketa konsumen, serta sanksi untuk pelanggaran.

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s