Pemprov Sumsel, care about it

Sumsel Hanya Akan Memberangkatkan TKI Berketrampilan

from: liputan 6

Liputan6.com, Palembang: Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan hanya akan menerbangkan tenaga kerja ke luar negeri yang punya keahlian. Dengan demikian pahlawan devisa Indonesia tak dipandang remeh oleh pengguna. Di samping itu menjadikan TKI bekerja secara aman sekaligus terlindungi.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sumsel Eddy Yusuf saat bertemu rombongan Safari Ramadan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di Palembang, Jumat (20/8). Menurut Eddy, rata-rata TKI asal Sumsel kerja di perusahaan manufaktur di Malaysia.

“Persisnya di pabrik-pabrik elektronik,” katanya. Eddy menambahkan setiap tahun sekitar 3.000 hingga 3.500 warga Sumsel ke Malaysia sebagai pekerja di berbagai perusahaan, dengan masa kontrak dua hingga tiga tahun. “Sebagian besar dari mereka justru perempuan,” tambah Eddy.

Rombongan Safari Ramadan III yang dipimpin Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengadakan kegiatan di empat provinsi yaitu Sumsel, Lampung, Banten, dan Nusa Tenggara Barat, dari 19-29 Agustus 2010. Pertemuan dengan Wagub Sumsel serta jajarannya merupakan hari kedua pelaksanaan Safari Ramadan.

Menurut Eddy, pihaknya sama sekali tidak menginginkan adanya penempatan TKI sektor penata laksana rumah tangga (PLRT) karena selain berisiko tiadanya perlindungan yang baik terhadap TKI. Selain itu membuat kesan tidak bermartabat yang diberikan pihak luar negeri kepada bangsa Indonesia.

Karenanya, pada 2005-2006, Eddy saat menjabat Bupati Ogan Komering Ulu, pernah mengampanyekan rakyatnya tidak boleh menjadi TKI PLRT. “Lebih baik kerja saja di ladang-ladang perkebunan yang ada di Sumsel, ketimbang jadi PLRT yang suka dilecehkan atau dihinakan bangsa lain,” paparnya.(JUM)

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s